OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SECARA DARING di SMK Kesehatan Bhakti Nusantara ( SMK BINUS ) Dengan Pemanfaatan Google Classroom.

Situasi saat ini seluruh Dunia khususnya indonesia tak luput juga berimbaskan di Dunia Pendidikan tak luput dengan Pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran secara masif. Proses pembelajaran yang mestinya dilaksanakan secara tatap muka sekarang berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal ini dilakukan dalam rangka meminimalisasi cepatnya penyebaran Covid-19. Kebijakan penutupan tersebut sebagai respons terhadap kebijakan dan imbauan pemerintah untuk melakukan social distance (jaga jarak). 

SMK Kesehatan Bhakti Nusantara mengubah aktivitas pembelajaran nya yang iasanya menggunakan tatap muka dirubah untuk sementara dengan menggunakan Sistem pembelajaran jarak jauh walaupun tidak seefektif sistem tatap muka. Apalagi di tengah kondisi darurat seperti saat ini. Banyak hal yang perlu disiapkan dengan baik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan optimal.

SMK Kesehatan memberikan pengarahan kepada siswa/i nya agar berupaya untuk DISIPLIN TINGGI

Agar optimalisasi proses pembelajaran Daring bisa berjalan dengan baik, maka kedisiplinan tingkat tinggi mutlak dibutuhkan. Sedangkan siswa yang cerdas dan memiliki disiplin serta kepercayaan diri yang tinggi akan mampu secara efektif melakukan pembelajaran secara daring.

Membangun sikap disiplin di tengah kondisi darurat Coronavirus disease seperti saat ini tidaklah mudah. Butuh kerja sama semua pihak. Dalam hal ini pemerintah harus bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada semua civitas akademika dan para orangtua untuk bekerja sama agar terus bersikap disiplin dan lebih independen dalam belajar. 

Di sisi lain, kerja sama para orangtua/wali di rumah sangat dibutuhkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang seorang anak mempunyai kecenderungan untuk ” berleha-leha ” di rumah. Memang ini menjadi tantangan bagi para orangtua. Sebab, tidak semua orangtua mampu secara efektif dalam melakukan pendampingan dan pendisiplinan anak belajar di rumah.

Singkat kata, kesuksesan pembelajaran daring selama masa krisis Covid-19 ini tergantung pada kedisiplinan semua pihak. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan orangtua dalam mengontrol belajar anak di rumah dengan pemanfaatan google classroom.

Selain itu, pihak orangtua dan sekolah harus melakukan komunikasi yang efektif dalam bekerja sama membangun kedisiplinan anak belajar di rumah. (Red. Khomsin).

Silahkan Bagikan: