Sambutan Kepsek SMK Kesehatan Bhakti Nusantara tentang Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2019/2020

Assalamualaikum Wr. Wbr.

Bapak dan ibu guru SMK Kesehatan Bhakti Nusantara yang saya hormati

Bapak dan ibu staf tata usaha SMK Kesehatan Bhakti Nusantara  yang kami hormati,

Dan Anak-anak ku semua SMK Kesehatan Bhakti Nusantara yang bapak cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita sekalian. Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang.

Rosulullah SAW ketika menyampaikan risalahnya yang berisi pendidikan kepada manusia, manusia menentang dan menyiksanya. Guru mempunyai kemiripan walau dalam bentuk yang jauh lebih kecil. Siswa yang melawan, memaki, memandang penuh kebencian, dan sampai ada yang memukul gurunya jadi  hal nyata yang harus dihadapi guru. Apa pun yang disampaikan dan dilakukan guru, prinsipnya adalah untuk kebaikan/masa depan sang anak. Anaklah yang nanti menikmati manisnya buah pendidikan dari guru. Anak tidak mengerti dengan hal ini, dan guru harus bersabar. Kesabaran ini menjadi musyikil kalau sang guru tidak memegang teguh rumus ajaib yang bernama KEIKHLASAN.

Anak-anakku yang bapak banggakan,

Pada kali ini ada yang mungkin perlu kalian amati secara baik-baik, khususnya seluruh siswa Kelas XII, Kalian sudah mengetahui bahwa sekarang sedang berada diujung tanduk. Detik demi detik terus melaju seakan tak memberi toleransi. Bagaikan kereta api yang berjalan terus tanpa kenal kompromi.

Mari kita perhatikan lebih teliti, ada empat alternatif pilihan bagi kalian : melanjutkan kuliah, bekerja, berumah tangga, atau tidak beraktivitas apapun alias nganggur. Bagi kalian, semua harus melalui prosen Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Banyak hal yang mereka persiapkan mulai dari materi ujian, drill soal, kepercayaan diri, Keberanian, dan juga Kesehatan. Semua harus terkelola dengan baik. Inilah saatnya untuk belajar managemen atau pengelolaan diri, baik dari segi pengelolaan waktu, aktivitas harian, kontinuitas ibadah, kesehatan, dan juga pengelolaan emosi.

Anak-anakku yang bapak cintai,

Berikut ini bapak sampaikan beberapa TIPS mengelola waktu kalian menuju Ujian Nasional Berbasis Komputer, semoga bermanfaat bagi kalian :

  1. Sholat di Awal Waktu

Membiasakan sholat diawal waktu dan menjaga kontinuitasnya dimanapun. Sholat yang berkualitas niscaya mampu menjadikan kita cakap dalam mengelola emosi dan selalu sabar menghadapi apapun.

2. Berdo’a

Manusia hanya bisa berikhtiar / berusaha, namun segala sesuatunya Allah yang
menentukan. Do’a adalah kekuatan jiwa yang ditujukan kepada Yang Mempunyai Alam Semesta. PadaNya kita berharap dan memohon. Allah Sang Penentu nasib setiap hambaNya. Jadi…Perbanyaklah doa. Semoga Allah memudahkan jalan kita.Membiasakan diri bangun tidur lebih awal (sekitar jam 3 pagi) Bangun tidur langsung mandi. Menurut survey..mandi pagi dapat membuat pikiran lebih fresh dan otak mudah dalam berfikir jernih dan menghafal pelajaran.

3. Sholat Malam (Qiyamul Lail)

“ Barang siapa yang bangun di malam hari untuk melaksanakan Qiyamul Lail niscaya Allah akan mengangkat derajatnya lebih tinggi”. Sholat Malam itu ibarat POWER. Orang yang membiasakan sholat malam…akan memperoleh kekuatan dan ketajaman dalam berfikir sehingga hari-harinya bisa lebih bermanfaat.

4. Pengelolaan Waktu Belajar Atur waktu belajar dengan baik.

Waktu belajar yang paling efektif adalah pagi hari sebelum sholat shubuh, saat di sekolah, dan sesudah sholat Isya. Belajar maksimal sampai jam 22.00 WIB. Upayakan tidak tidur terlalu malam, karena tubuh butuh istirahat.

5. Perbanyak Shodaqoh

Shodaqoh adalah salah satu pembuka pintu rezeki dan kelulusan UN merupakan salah satu rezeki dari Allah. Oleh karena itu, perbanyak mengeluarkan shodaqoh dan saling berbagi dengan saudara- saudara kita yang tidak mampu. Insya Allah dibalik keikhlasan kita dalam berbagi dan kemaqbulan doa mereka, segala urusan dipermudah Allah SWT. Amin.

Berjuanglah kalian menjadi anak-anak yang soleh dan soleha. Itulah harapan tertinggi semua orang tua. Jadi apa pun kalian, jadilah orang yang senantiasa ingin dekat dan dicintai Allah ta’ala. Kami ajarkan kepada kalian: jangan pernah memandang tinggi harta benda dunia ini. Yang tertinggi dari dunia ini adalah iman dan ketakwaan kita kepada Yang Maha Pencipta. Berjuanglah dengan sekutat tenaga untuk akhirat kalian, namun jangan lupakan bagian kalian dari dunia ini. Akhiratlah tujuan utama. Dunia adalah ladang bercocok tanam akhirat. Perbuatlah kebaikan dan amal soleh di dunia ini sebanyak-banyaknya. Jangan pernah terpedaya oleh dunia ini, Nak. Telah banyak manusia yang binasa ketika mereka jadikan dunia ini sebagai tujuan. Kami tidak ingin diri kami dan diri kalian binasa pula. Semoga Allah mempertemukan kita pada kehidupan yang akan datang di surga-Nya yang penuh kenikmatan.

Wassalamu alaikum wr. wb.

By. Khomsinnudin, M. Pd.

Silahkan Bagikan: